PRAMIPEKSOL

Indikasi: 

penyakit parkinson, yang digunakan tunggal maupun sebagai terapi tambahan dengan levodopa.

Peringatan: 

kelainan psikosis; dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ophtalmologi karena adanya resiko gangguan penglihatan; penyakit kardiovaskuler berat; hindari penghentian obat secara tiba-tiba (risiko sindrom neuroleptik malignan); gangguan ginjal (lihat Lampiran 3); kehamilan (lihat Lampiran 4). Reaksi hipotensif dapat menganggu pada beberapa pasien selama beberapa hari pertama pengobatan.

Interaksi: 

lihat lampiran 1 (pramipeksol).

Kontraindikasi: 

wanita menyusui (lihat Lampiran 5) dan hipersensitif terhadap pramipeksol.

Efek Samping: 

lihat keterangan di atas; juga mual, konstipasi, bingung, mengantuk (termasuk tiba-tiba tertidur) dan insomnia, pusing, halusinasi (hampir semua visual), diskinesia selama titrasi dosis permulaan (lebih sering terjadi pada wanita - kurangi dosis levodopa), udem periferal; juga dilaporkan perubahan libido.

Dosis: 

dosis awal, 264 mcg per hari dalam dosis terbagi 3, gandakan dosis setiap 5-7 hari hingga 1,08 mg per hari dalam dosis terbagi 3; bila diperlukan dosis dapat dinaikkan lagi sebesar 540 mcg per hari dengan interval mingguan; maksimal 3,3 mg per hari dalam dosis terbagi 3. Dosis pemeliharaan : 264 mcg sampai 3,3 mg sehari. Dosis lebih tinggi dari 1,1 mg sehari berguna apabila pasien bermaksud mengurangi dosis levodopa. Pada penghentian pengobatan pramipeksol, dosis dikurangi 540 mcg sehari sampai dosis harian menjadi 540 mcg, setelah itu dosis dikurangi 264 mg sehari.
Pada pasien gangguan ginjal: pasien dengan bersihan kreatinin di atas 50 ml/min tidak perlu pengurangan dosis; bersihan kreatinin 20-50 ml/min, dosis awal harian dibagi dalam 2 dosis terbagi, dimulai dengan 88 mcg 2 kali sehari; bersihan kreatinin kurang dari 20 ml/min, dosis harian diberikan sebagai dosis tunggal, dimulai dengan 88 mcg sehari.
Pada pasien gangguan hati: penyesuaian dosis tidak diperlukan karena sekitar 90% obat diekskresi lewat ginjal, tetapi penelitian pengaruh insufisiensi hati pada farmakokinetik pramipeksol belum dilakukan.
Catatan: Selama titrasi dosis pramipeksol dan dosis pemeliharaan, dosis levodopa dapat dikurangi. Dosis dan kekuatan obat dinyatakan dalam bentuk pramipeksol (basa); kekuatan yang setara dalam bentuk pramipeksol dihidroklorida monohidrat (garam) sebagai berikut: 88 mcg basa setara dengan 125 mcg garam; 180 mcg basa setara dengan 250 mcg garam; 700 mcg basa setara dengan 1 mg garam.

List Nama Dagang

Untuk informasi nama produk terkini dapat melihat cekbpom.pom.go.id